Sabtu, 25 Agustus 2018

Penanaman Karakter Profetik Melalui PKKMB FIP UNY 2018


Penanaman karakter profetik melalui PKKMB Fakultas Ilmu Pendidikan ini diharapkan dapat melahirkan generasi-generasi pendidik yang dapat menjadi teladan bagi orang lain terutama orang yang dididik. Diharapkan dengan mengikuti PKKMB mahasiswa dapat menjadi generasi pendidik dan calon pemimpin yang berjiwa profetik untuk mewujudkan Fakultas Ilmu Pendidikan sebagai pencerah dan pembaharu pendidikan. Pencerah merupakan seorang yang dapat menyelesikan masalah dan kritis dalam menangani permasalahan merka mampu menjadikan dirinya sendiri sebagi teladan dan dapat memberikan solusi terhadap berbagai masalah terutama dalam pendidikan. Sedangkan pembaharu pendidikan merupakan seorang yang dapat memberi solusi, inovasi, dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia.
Sosok generasi mahasiswa yang dapat mewujudkan cita-cita menjadi pencerah dan pembaharu pendidikan adalah mahasiswa yang berjiwa profetik dan memiliki nilai-nilai religius, kreatif, humanis, kritis, dan kontributif terhadap pendidikan Indonesia.
1.      Religius
Religius disini diartikan sebagai sikap dan perilaku mahasiswa untuk memahami, menyadari, serta mengaktualisasi nilai-nilai ajaran agama yang dipeluk dan diyakininya dalam konteks kehidupan sehari-har, baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun bangsa dan negara.
2.      Humanis
Humanis merupakan sikap memanusiakan manusia dan mampu hidup toleransi agar terwujudnya hidup yang baik sesuai sila ke-2 Pancasila tentang kemanusiaan yang adil dan beradab agar terciptanya sikap saling mengargai dan menghormati akan perbedaan, kebebasan berpendapat serta tidak memaksakan kehendak.
3.      Kreatif
Kreatif yaitu mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada disekelilingnya untuk menemukan suatu hal baru untuk memberikan inovasi pada pendidikan untuk memperbarui dan melakukan evaluasi terhadap suatu rancangan maupun yang telah terlaksana.
4.      Kritis
Kritis adalah sikap peduli terhadap masalah yang dihadapi dan dapat menyelesaikan masalah terutama dalam pendidikan.
5.      Kontributif
Kontributif disini artinya mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai bidang dimasyarakat khususnya pendidikan berkaitan dengan pencerah dan pembaharu pendidikan dari ini peran pemuda sangat berarti untuk ikut terlibat dalam menyelesaikan masalah yang ada.
Melalui PKKMB ini diharapkan dapat menciptakan generasi pembaharu dan pencerah pendidikan Indonesia kelak.






Sumber : Artikel Bedah Tema PKKMB FIP UNY (Dwi Ari Wibowo & Malisa Bunga Hati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar